Spot Foto Instagramable di Kota Surabaya (Part 2)

Pada tulisan ini, saya akan sharing tempat-tempat yang kece dan sangat instagramable apa saja yang layak Anda kunjungi di Surabaya (again). Sebelumnya saya sudah membahas beberapa spot yang sudah pernah saya kunjungi. Teman bisa mengunjunginya pada laman berikut ini. Kali ini saya menambahkan beberapa tempat yang mungkin membuat Anda sedikit tertarik pergi ke tempat ini jikalau Anda mengujungi Surabaya.

6. Tugu Pahlawan

Sebenarnya tiap hari melewati tugu pahlawan ini baik sewatu berangkat kerja, pulang kerja, keluyuran naik motor, dll, karena memang tempatnya berada di tengah kota Surabaya. Tugu Pahlawan terletak di daerah Bubutan, Surabaya. Ketika kita memasuki kawasan tugu terdapat pintu gerbang semacam gapura yang menghiasi luar tugu.

Kawasan disekitaran Tugu Pahlawan bisa dikatakan kawasan dengan konsep bangunan tua/ kuno yang masih dimanfaatkan sebagai bagunan pertokoan dan perkantoran, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk setidaknya melihat-lihat dan berfoto ala ala instagram disini.

7. Suramadu Bridge

Suramadu sudah terkenal sampai kemana-mana. Jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dengan Madura, sehingga akses antara pulau jawa dengan madura menjadi lebih mudah. Jembatan ini menjadi landmark bagi kota Surabaya dan Madura.

Panjang jembatan yang membentang di selat Madura ini lebih dari 5km. Apabila teman melakukan perjalanan dari Surabaya ke Madura ataupun sebaliknya, kalian bisa melihat pemandangan selat Madura yang cukup bagus.

8. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Apabila kamu ingin merasakan wisata alam namun anda berada di kota besar, kamu bisa mengujungi wisata hutan bakau mangrove yang sudah banyak sekali di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya si Surabaya.

Wisata mangrove surabaya ini berada di Rungkut, walaupun ada di Google Maps, tempat ini agak susah dicari menurut saya, karena saya dan beberapa orang sempat nanya-nanya ke penduduk sekitar dulu.

Perjalanan menuju hutan mangrove melalui jalan setapak yang terbuat dari kayu yang cukup bagus dan aman. Selama perjalanan kalian akan dikelilingi oleh rawa dan pohon bakau. Selama perjalanan menelusuri jalan kayu tersebut, kalian bisa melihat jenis-jenis burung dan hewan apa saja yang hidup di Mangrove ini beserta papan informasinya. Selama diperjalanan apabila kalian lapar ataupun haus, jangan perlu khawatir, didalam banyak sekali pedagang-pedagang yang menjual makanan dan minuman.

Apabila kamu mengunjungi tempat ini, kurang afdhol bila kamu tidak menaiki perahu untuk menelurusi hutan Mangrove yang terdalam sampai bibir pantai timur Surabaya. Tiket untuk menaiki perahu ini 25k untuk dewasa da 10k untuk anak-anak. Kapal akan membawa kita ke pantai menulusuri sungai dengan panjang kira-kira 5km yang dikelilingi oleh hutan bakau, apabila kamu beruntung, kamu akan melihat banyaknya jenis burung yang ada disana, dan juga kera. Sesampai di pantai, kamu dapat menikmati suasana pantai nan nyaman di pondok-an yang sudah tersedia, akan lebih nikmat apabila kamu membawa makan siang bersama keluarga, uh yummy.

9. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi selaman Anda berada di Surabaya. Dengan merogoh kocek sebesar 15k  Anda sudah bisa menikmati pemandangan dan melihat keragaman hewani yang berada disini, jadi bisa dikatakan bahwa liburan ke KBS merupakan liburan murah meriah bersama keluarga, dan juga dapat menambah wawasan kepada anak-anak mengenai keragaman hewani Indonesia. Kebun Binatang Surabaya akan sangat ramai dikunjungi di akhir pekan, kebanyakan pengunjungnya memang keluarga, muda-mudi, dll.

Untuk koleksi hewan di KBS ini bisa dikatakan lengkap, mulai dari burung-burung, harimau, sampai kuda nil ada disini, sangat cocok menambah wawasan anak-anak. Tempat ini juga bisa dikatakan tempat bersejarah dan menjadi icon penting kota Surabaya. Salah satu buktinya adalah ada patung besar pertarungan antara Sura (hiu) dan Baya (buaya) yang sangat terkenal itu yang menjadi awal mula nama dan sejarah kota Surabaya.

10. Hotel Majapahit

Hotel Majapahit atau dulunya dikenal sebagai Hotel Yamato merupakan salahsatu tempat bersejarah pada zaman pertempuran Surabaya yang mana kejadian heroik yang paling dikenal adalah arek-arek suroboyo saat itu merobek bagian biru bendera belanda dan menyisakan warna merah putih nya untuk dikibarkan kembali karena pada tgl 17 Agustus 1945 Presiden Soekarno telah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia namun pihak belanda masih mengibarkan bendera mereka di hotel Yamato ini.

Hotel yang memiliki lahan yang cukup luas ini sangat bagus untuk dijadikan objek foto, banyak juga yang melaksanakan prewed di dalam hotel ini. jadi, selain dapat objek foto yang ciaamiik juga dapat mengenali sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia juga. Nice.

11. Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah saksi sejarah pertempuran heroik pada 10 Nopember 1945 di Surabaya. Sejarah mencatat, peristiwa tewasnya Brigjend Mallaby pada bentrokan yang terjadi antara para pejuang Indonesia dengan tentara Belanda di dekat Jembatan Merah pada tanggal 30 Oktober 1945 adalah alasan utama panglima sekutu di Jawa Timur mengeluarkan ultimatum pada tanggal 9 November 1945 kepada para pejuang Indonesia agar meletakkan senjata. Penolakan ultimatum oleh pejuang Indonesia membuat pasukan sekutu Inggris menyerang kota Surabaya keesokan harinya.

Area sekitar tempat ini dahulu adalah daerah hunian dan perdagangan untuk orang Eropa di bagian barat, sedangkan bagian timurnya adalah daerah hunian untuk orang Cina, Arab, serta Melayu. Kawasan Jembatan Merah saat ini merupakan pusat perdagangan paling padat di Surabaya.

12. Jalan Gula

Jalan Gula ini lebih mengusung tema vintage. Berlokasi sekitar 500m dari Jembatan Merah Surabaya, tempat ini cukup diminati warga lokal sebagai salah satu tgempat untuk mempercantik Feed Instagramnya. Jalan Gula ini dapat dibilang termasuk dalam bagian dari Kota Tua Surabaya yang sekitarnya berdiri bangunan-bangunan yang sudah tua dengan dinding-dinding yang menarik sebagai background foto terutama di jalan gang yang cukup sempit ini. Banyak juga loh orang2 prewed disini.

13. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih ini berada tidak jauh dari kawasan kampus ITS. Cukup banyak orang yang datang kesini, baik itu mahasiswa-mahasiswa melakukan diskusi, keluarga yang bertamasya sambil menikmati makan siang, remaja-remaja yang ber-selfie ria, dan juga pasangan yang melaksanakan prewed.

Selain tempatnya yang sangat instagramable, tempat ini juga sangat nyaman dan sejuk, cozy banget untuk menikmati hari mu sambil bersenda gurau dengan kerabat dan teman-temanmu.

14. Dipo Lokomotif Sidotopo

Dipo Lokomotif Sidotopo ini merupakan bengkel dari kereta api-kereta api yang sering kita lihat, selain itu juga tempat ini merukapan tempat penyimpanan gerbong-gerbong kereta api yang sudah tidak terpakai. Spot yang kece untuk Feed Instagram bukan? hehe. Untuk dapat memotret tumpukan-tumpukan gerbong ini kamu harus pergi ke Dipo Lokomotif di Jalan Sidotopo Wetan.

Walaupun tempat ini bagus dan sangat instagramable, tapi dipo ini tidak dibuka untuk umum, kalo kamu memang tertarik untuk berfoto disini, kamu harus mengajukan permintaan ke kantor Kereta Api Indonesia di Gubeng untuk memperoleh izin memotret didalam Dipo. gitu.

15. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay merupakan tempat kapal penumpang bersandar di pelabuhan. Jelas tempat ini dikelola oleh perusahaan yang mengandle kebanyakan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, yaitu PT Pelindo II (Persero). Kamu bisa masuk kedalam gedung dan menuju Teras/Kanopi untuk memotret pemandangan laut dan kapal-kapal yang lagi sandar, apalagi kalo ada kapal persiar mega yang sedang sandar, akan membuat objek foto mu lebih menarik.

Teras/Kanopi di SNQ ini cukup cozy dan cukup nyaman untuk menikmati soremu sambil melihat pemandangan ke laut, juga banyak penjual makanan juga loh disana. jadi enak banget.

16. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam ini terletak di pusat kota Surabaya. Monumen Kapal Selam adalah wujud asli dari KRI Pasopati 410, salah satu kapal selam TNI – Angkatan Laut dari satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur.KRI Pasopati termasuk jenis SS type Whisky Class dibuat di Vladi Rusia pada tahun 1952, berperan aktif dalam menegakkan kedaulatan negara dan hukum di laut antara lain dalam operasi Trikora. Kapal selam ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

***

Segitu dulu review spot-spot foto instagramable di Surabaya, untuk tempat lainnya akan saya coba share lagi dibagian ketiga. terimakasihh.

One thought on “Spot Foto Instagramable di Kota Surabaya (Part 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s