Pengalaman Seleksi PT. Pertamina (Persero)

pertamina
Gedung Utama PT Pertamina (Persero)

Sewaktu kuliah, banyak dari kita masih bingung apa yang akan dilakukan setelah lulus kuliah nanti, namun ada beberapa yang sudah memutuskan, salah satunya saya. Saya memutuskan setelah lulus nanti saya akan bekerja. Yaa bekerja, dan waktu itu masih belum tahu rasa susahnya mencari kerja.

Sebelum lulus saya sudah menjadi job seeker, ya para pejuang pencari kerja. Dari sebelum wisuda saya sudah mulai mendaftar kerja, waktu itu agak milih-milih sih karena ga pengen langsung kerja setelah wisuda, yaa pengen leha-leha beberapa bulan lah (tapi akhirnya kebablasan 😦 ). Namun pada akhirnya depresi sudah, berbagai jenis perusahaan mulai saya daftari. Resume saya pun sudah melayang keberbagai perusahan seperti Engineering, IT, Management Consulting, Manufacturing, Energy, dll . Ada beberapa yang keterima, namun merasa belum cocok. Tapi, kebanyakan sih ditolak pihak perusahaan, wk. Hidup memang keras ya. Keras sekali. Sebenarnya, disaat kita bingung cari kerja, HR Team malah lebih bingung lagi memilih talent yang cocok dengan mereka, lho.

Pada kesempatan ini dan di laman ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti seleksi masuk PT. Pertamina (Persero) melalui jalur BPS (Bimbingan Profesi Sarjana), perusahaan dimana saya mengabdi sekarang.

Berikut tahap-tahapan tes/ seleksi yang saya lalui.
1. Cari info dulu gan jangan asal daftar

Pertama kali yang dilakukan oleh seorang job seeker adalah mencari informasi mengenai perusahaan yang akan kita lamar. Waktu itu saya mendatangi booth Pertamina di Job Fair ITB, tanya-tanya penjaga booth nya apakah persyaratan yang diminta Pertamina sesuai dengan kualifikasi kita dan kecocokan posisi yang ditawarkan dengan minta kita. Kalo sudah cocok, yowes lanjut deh ke tahapan berikutnya.

Selain itu, saya juga browsing di forum online mengenai pekerjaan yang dilakukan di Pertamina, gaji berapa, fasilitas, pengembangan karir, dll. Ini harus dilakukan, riset ini akan membantu membuka wawasan kita mengenai perusahaan yang kita daftar, setidaknya tidak blank banget lah.

2. Registrasi

Waktu itu saya registrasi online setelah mendapatkan kode registrasi sewaktu job fair. Namun, pendaftaran juga bisa dilakukan langsung di web, tapi harus nunggu dulu kapan buka lowongan tersebut di web-nya.

Setelah masuk ke laman registrasi, ada banyak data-data yang harus dilengkapi, seperti data diri, pendidikan, ijazah, transkrip, KTP, dan tidak lupa sertifikat TOEFL. Yang paling penting adalah posisi yang dilamar. Karena saya lulusan sarjana, posisi yang saya lamar adalah BPS (Bimbingan Profesi Sarjana), waktu itu ada juga lowongan untuk BPA (Bimbingan Praktis Ahli) yang dikhususkan  untuk lulusan diploma.

Kalo sudah lengkap, yaa ditunggu aja info selanjutnya via email, sambil berdoa dan juga daftar kerja ditempat lain jg. Kan buat berkontribusi untuk ilmu pengetahuan, bangsa, dan negara gak harus Pertamina juga kan, banyak tempat yang lebih cocok lagi.

3. Psikotes

Beberapa minggu setelah mendaftar saya dipanggil untuk melakukan psikotes di Bandung. ga perlu ada persiapan, ga perlu belajar dll. Ya umumnya psikotes dilakukan untuk mengetahui who you really are, siapa sih lo sebenernya, so be yourself, don’t describe yourself as someone you wanna be, but yourself. Jadi tes nya natural saja, siapa tahu kita lah tipe orang yang mereka butuhkan, keunikan kita lah yang dicari oleh perusahaan untuk suatu posisi tertentu.

Enough tentang kesotoy-an saya mengenai psikotes, mari lanjut mengenai apa-apa saya yang saya lakukan di psikotes ini. Tes berupa tes logika, memori, menggambar pohon, menggambar orang, tes koran-koran gitu, tes ngelanjutin gambar, dll. Didalam psikotes ini ada selembaran kuisioner mengenai divisi apa yang kita inginkan nanti.

Sebelum melakukan psikotes alangkah lebih baik kita istirahat dengan cukup, sarapan dipagi hari, dan membawa air minum. Tujuannya apa? Tujuannya akan membuat kita dapat konsentrasi secara maksimal di psikotes ini, apabila konsentrasi kita maksimal, hasilnya pun isnyaAllah akan ikut maksimal juga. ya gak sih. he.
4. English Test

Seminggu-an setelah itu saya diundang untuk melaksanakan tes bahasa inggris di tempat yang sama sewaktu psikotes. Tes bahasa inggris nya dalam bentuk TOEIC. di TOEIC ini, soalnya berupa 100 structure dan 100 soal listening. Kalo ini mau belajar mau engga sih terserah tergantung masing-masing orang, tapi paling gak ya review dikit lah grammar-grammar yang agak lupa, mayan kan ada 100 soal structure.

Nanya gimana tes saya?, seperti biasa saya kadang butuh waktu untuk menjawab soal listening, sehingga kadang ketinggalan beberapa nomor saking ngototnya untuk menjawab soal sebelumnya padahal soalnya sudah berlanjut ke nomor berikutnya saja.

5. Wawancara HR dan User
 

Beberapa minggu setelah tes bahasa inggris, saya diundang untuk melakukan tes wawancara HR dan User di Bandung juga. Nah, disini lah saya mengalami pepatah yang kata orang-orang “kalo jodoh ga bakal kemana“.

Waktu itu saya tidak bisa mengikuti wawancara ini karena ada urusan yang sangat luar biasa yang tidak bisa saya tinggalkan. Sehingga saya memutuskan untuk tidak mengikuti seleksi BPS Pertamina ini. Namun, beberapa minggu kemudian saya memberanikan diri untuk menelpon nomor HR Recruitment yang biasa nelpon ngasih tau kelulusan tes2 sebelumnya, dan menyanyakan apakah masih bisa mengukuti interview lagi. Waktu itu saya mendengar jawaban HR yang memberikan sebongkah harapan, “Oke mas, Anda masih bisa mengikuti wawancara HR dan User minggu depan, itu wawancara terakhir untuk direktorat ini dan tempatnya di Jakarta, nanti saya kirim undangannya”. Mata saya berbinar-binar. Meeen, masih ada kesempatan cuy.

Persiapan brangkat ke ibukota, saya menginap di kosan teman kuliah yang sudah lumayan lama kerja di Jakarta, cukup untuk menenangkan pikiran dan bercengkrama ria. Ok, paginya saya mendatangi kantor pusat Pertamina di jalan Medan Merdeka itu, setelah registrasi, mulai lah saya mengantri untuk di panggil wawancara. Pewawancara pada saat itu ada 2 orang, HR dan User.

Tipikal wawancara HR, pertanyaan-pertanyaannya seputar pribadi, pengalaman, dll, yaa cross check data-data yang telah kita lampirkan di CV yang pernah kita kirimkan. Ini sudah umum ya, semua perusahaan seperti itu wawancara HR nya jadi untuk tips and trick sih banyak banget di internet monggo di googling saja.

Kemudian wawancara User, diwawancara user saya tidak diberikan pertanyaan teknis sama sekali.. Saya hanya disodorkan botol air mineral, dan kemudian beliau mengatakan “Jelaskan ini”, titik, udah itu aja, tidak ada kata2 lagi, panik kan jadinya, namun panik 5 detik doang, sampai akhirnya mengerti minta user seperti apa. setelah itu, pertanyaan2 standar yang mengenai penempatan kerja karena nantinya akan ditempatkan seluruh Indonesia, ya jawab aja mau, gampang kan.. Tapi kalo ditempatin di Tual, atau Biak, atau pulau kecil yang ga keliatan di peta jangan nangis bombay berdarah-darah yaaa.. hehe.

Setelah selesai wawancara, saya dan peserta lain menunggu hasil dulu sampai sore nya karena hasil wawancara langsung diumumin sore itu juga. Sadis gak. Tambah lagi waktu itu lagi hujan2 badai gitu bertambahlah dramanya menunggu hasil wawancara. Sembari duduk2 di lobby HQ Pertamina, ponsel saya berdering, nomor tidak dikenal, eh ternyata HR Pertamina yang ruangannya berada di gedung sebelah menelpon menyatakan bahwa saya lanjut ke tahap selanjutnya yaitu Medical Checkup 2 hari lagi.

6. Medical Checkup
Tepat 2 hari setelah pengumuman, saya datang lagi ke Jakarta untuk melakukan MedCheck di klinik pertamina. yaa, Medical checkup komplit seperti perusahaan2 lain juga. Standar lah medcek lah ya. Setelah melakukan medcek diberitahu bahwa ada satu tahap lagi dan akan diberitahu 2 minggu kemudian.

Beberapa minggu berlalu, akhirnya saya mendapatkan email bahwa saya lolos ke tahap terakhir, tahap yang paling menentukan apakah nanti bekerja di pertamina atau tidak.

7. Wawancara Top Management
 

Sesuai dengan judulnya, yang mewawancara kita adalah Top Management Pertamina (Persero). Waktu itu saya diwawancari oleh salah seorang Vice President di direktorat saya akan bekerja nanti. Disini kita harus berpakaian rapi, pakai jas, rambut jangan berantakan di sisir sampe rapi, dll..

Nah pada wawancara ini mungkin petinggi2 yang akan mempekerjakan kita nanti ingin tahu nih, orang yang akan diperkerjakannya seperti apa. Mungkin kalo saya menilai lebih ke arah manner ya, bagaimana bersikap, berbicara, dan berpikir. Namun, jangan salah, malah disini saya ditanya pertanyaan teknis keterkaitan sensoring, GPS, dan sistem2 lainnya yang ada kaitannya dengan proses bisnis Pertamina. yaa kalo pertanyaannya kaya gini bagaimana jawaban kita aja kali ya, dengan melihat personality dari lawan bicara kita, kita harus tau bagaimana bungkusan jawaban kita beserta delivery-nya yang cocok dengan pewawancara, bukan jawaban yang terbaik ya, tapi jawaban yang pas dengan pewawancara.

Nah, seminggu berlalu, akhirnya saya menerima email bahwa saya berhak mengikuti program Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) PT Pertamina (Persero).
Capture
Program pendidikannya akan dilaksanakan pada awal Januari 2015. Akhirnya status job seeker resmi ditanggalkan. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan juga selama mengikuti rekrutmen BPS Pertamina.
  • Kalau dihitung-hitung lamanya proses rekruitmen BPS Pertamina yang saya jalankan ini sekitaran 3-4 bulan-an. Lumayan lama sih, tapi yang penting sabar aja.
  • Pertamina biasa mengabarkan kelulusan untuk masing-masing tahap rekrutmen satu hari sebelum tes-nya bahkan saya dikabarkan untuk lanjut ke tes selanjutnya malam hari padahal tes nya harus dilakukan besok. Jadi siap2kan diri, he.
  • Siapkan kelengkapan tes dari awal biar nanti ketika disuruh bawa dokumen macem2 kita sudah mempersiapkan dari awal, waktu itu saya belum punya SK Bebas Narkoba padahal baru dikabari sorenya kalo besok harus dibawa pas interview. Kocar kacir deh cari klinik yang bisa ngeluarin SK nya malem2 hari gitu. 😦
  • Jangan fokus rekrutmen Pertamina saja, daftar juga perusahaan yang lain.
  • Berdoa kepada yang Maha Kuasa jangan lupa, itu paling utama.

Sembari mengingat, sehari sebelum saya menginjakan kaki di Kota Bandung, sepupu saya (anak dari kakaknya Ibu) bertanya kenapa saya mengambil kuliah teknik ketimbang masuk kedokteran idaman para emak-emak dan bapak-bapak se-kampung, dan saya menjawab.

Emang kalo kuliah teknik nanti bakal kerja dimana?” Kata anak dari saudara ibu saya, “Yaa, kalo di kuliah teknik sih salah satunya nanti saya bisa kerja di Pertamina”.

Mungkin kata orang sih, kata-kata adalah doa itu benar adanya. apa niat yang tercetus pertama kali didalam pikiran, mungkin saja akan terjadi di masa yang akan datang seberapapun kamu berkeinginan hal itu tidak akan terjadi. he.

Untuk teman2 yang masih belum dapat pekerjaan, jangan putus asa, selalu berusaha dan berdoa. Sebenarnya ketika menganggur itulah kita bisa menghabiskan waktu yang kosong untuk beribadah lebih giat dan mendekatkan diri ke Allah Yang Maha Memberi. Okay then, semoga tulisan ini ada sedikit manfaat bagi pembaca semua.
***
Harsa, Dwi, and I (Electrical Eng. ITB ’10): Pertama kali menjalani pendidikan BPS di PCU
BPS Pemasaran: site visit ke TBBM Surabaya Group

83 thoughts on “Pengalaman Seleksi PT. Pertamina (Persero)

  1. Mas saya job seeker orng ganggur hehe, saya ingin bekerja di pt pertamina tetapi kuliah saya fakultas pertanian, bisakah saya masuk ke pt pertamina.? Dan bagian apa yg cocok untuk saya di pertamina. Hehe ditunggu mas jawabannya 😁

    1. Pertama mas Angga pelajari dulu detail vacancy nya apakah kualifikasi mas Angga sesuai dengan requirement nya atau tidak. Kalo memang mas di fakultas pertanian, daftarlah utk posisi yang mensyaratkan untuk lulusan fak pertanian, kalopun tidak ada mas Angga bisa daftar untuk posisi yang tidak membutuhkan lulusan tertentu, misal All Major, berarti mas ga salah kalo daftar, dicoba dulu ga salah kalo nyoba, ya kan. Good luck.

    2. Mas makasih banyak udah share pengalamannya, berguna banget buat nambah wawasan. Saya dari d3 IPB, kalo di pertamina lowongan buat lulusan d3 banyak nggk mas ? Dan biasanya d3 dipekerjakan dibagian apa ? Jurusan saya manajemen industri. Trimakasih mas

  2. Hai mas, maaf mau tanya. Sebagai karyawan pertamina, menurut mas apakah benar stereotype yg mengatakan bahwa karyawan pertamina hanya diisi oleh alumni PTN TOP? Saya pribadi selalu minder untuk mengajukan aplikasi ke BUMN besar seperti pertamina, karena banyak yang mengatakan percuma dan membuang waktu. Saya sendiri lulusan teknik kimia dari PTS yg cukup punya nama, dengan akreditasi institusi dan jurusan A. Selama ini saya yang ada dipikiran saya bahwa lulusan PTS akan langsung di sisihkan bahkan saat seleksi administrasi di awal. Mohon pencerahannya mas? Hehe. Tks

    1. Menurut saya kan? Kalo menurut saya sih kamu coba daftar saja, keterima ga keterima itu ditangan Tuhan (sorry jawabannya seperti ini but it’s true). Emg membuang waktu nya gimana? Toh untuk registrasi nya saja online paling memakan waktu 30 menit paling lama, untuk tesnya sendiri ga memakan waktu lebih dari sehari pertahapannya, nah yg lama kan menunggu panggilan utk next step nya itu, nah makanya jangan terpaku disatu perusahaan saja, banyak banget perusahaan yang memberi pengalaman, karir, dan pengetahuan ke pekerjanya. Untuk lulusan PTN ataupun PTS ga ada perbedaan kok, sama saja, apalagi kalo kualifikasi kamu sesuai dengan persyaratan yang diberikan, lagian juga banyak yg lulusan PTS yg kerja di Pertamina.

  3. Saya ingin bertanya. Kebetulan Bulan ini saya daftar pge. Dan akhir Bulan ini diumumkan untuk tahap selanjutnya yaitu tes psikologi tertulis. Tes psikologi disini maksudnya apakah hanya tes seperti disc, kraeplin, dan baum tree. Atau ada tes intelegensi seperti TPA penalaran dan english? Kira” ada ref. Blog atau web gak untuk mempelajari tes psikologis? Terima kasih

  4. Halo mas mau tanya dong kebetulan saya mau interview user dan HR, nah direktoratnya pemasaran. Dan saya jurusan teknik. Kalo boleh tau knapa ya buat marketing & trading ini diambil dari anak teknik ?

    1. Tahan banting, . .
      Dengan harapan dpt beradaptasi dgn lingkungan yg mudah berubah.

      Oot :
      Teman saya dr tek.sipil jg lolos dibagian MoR. .kan jauh banget

    2. Bisa jadi apa yang dikatakan mas Imam hehe 🙂 yaa banyak pendapat lah ya kenapa teknik ditempati di M&T dan itu pasti positif kok. ) but FYI aja ya, Bisnis di direktorat marketing itu banyak banget loh (bisa liat di web nya Pertamina), Agar lini bisnis yang banyak ini dapat berjalan dengan baik maka didukung oleh beberapa skill-group (ada teknik, supply chain, oil/gas operation, sales&marketing dll). jadi kalo di requirement jurusan lo dibutuhkan berarti ya dibutuhkan at least basic engineering lo kepake. gue lulusan teknik jg, believe me I know what you feel. 🙂 Saran sih cari informasi sebanyak2nya, jgn sampe nanti ga cocok dengan hati 🙂

  5. Mas mau nanya nih di rekrutmen fg januari ini ada utk asset, kualifikasinya lulusan sejarah bisa ga ya untuk kualifikasinya jurusan sejarah tp sayanya lulusan pendidikan sejarah,apa harus bener2 sama,plek atau yg ada kemiripan gitu bisa juga hehe atau lsg kepental di seleksi administrasinya

  6. Mas mau nanya, masnya sendiri penempatan sesuai domisili mas tnggal atau berbeda? Apakah memang benar penempatan pertamina tidak memandang domisi dr calon pegawai? Terimakasih.

  7. Untuk Mas Yopi, saya mau bertanya. Sampai sekarang program BPA (untuk D3) apa masih ada ya di Pertamina ? Lalu perekrutan dengan sistem BPA dan BPS ini biasa nya dilakukan kapan lebih tepat nya ? Setahun sekali apa bisa lebih.
    Mohon jawaban nya.
    Terima kasih

  8. Halo mas,
    mau tanya dong, kloi testnya sendiri psikotest sama bhsa inggris doang kan ya,
    ada test pengetahuannya ga?
    terimaksih

  9. slamat siang mas Yopi, izin bertanya mengenai test kesehatan, kalau mata minus & pakai kacamata itu berpengaruh nggak mas?

    sebelumnya trimakasih

  10. Mas Yopi hari ini saya ada panggilan interview di pt pertamina persero. loksi saya di semarang, sedangkan tempat interview di denpasar. untuk tiket pesawat dan hotel beli sendiri dulu, nanti diganti . penggantian itu beneran tidak?

  11. selamat pagi kang yopi, mau bertanya , sebulan kemarin saya lamar langsung online di website resminya PT.PETAMINA. sudah dapet no registrasinya via email, tapi sudah sebulan ini belum ada lagi respon, apakah saya gugur di administrasinya ?

    Hatur Nuhun kang Yopi.
    Salam Orang Bandung

    1. Maaf slow respon kang Rendi. Kalo gugur atau tidaknya di administrasi saya tidak tau kang, mgkn dilupakan sejenak saja kang rendi coba daftar company lain jg, kalo ada kelanjutan info pertamina pasti mengabari via email dan telp (seperti waktu saya tes jg).

  12. Kak mau nanya nih, kalo pelamar nya perempuan ada kemungkinan besar ga bisa keterima di pertamina? Soalnya yang kuliat kebanyakan laki-laki. Trims kak.

  13. Halo Mas Yopi. Saya mau tanya. Apakah seleksi tahap MCU di Pertamina sangat ketat? dlm artian harus perfect 99,9%? Saya sedang menunggu hasil MCU nya. Sudah 2 minggu belum dpt kabar. Saat MCU ada sedikit kekurangan di gigi, tinggi badan, dan mungkin asam urat yg abnormal.

    Mohon Sharing nya mas, terima kasih hehe

  14. Assalamu’alaikum mas
    Oo iyaa saya mau tanya nih mas, kalo mau minta password khusus di booth pertamina itu dmn yaa mas?? Maksudnya booth pertamina itu apa yaa mas??

    Terima Kasih

    1. booth pertamina di jobfair, biasanya jobfair kampus2 ada boothnya pertamina. Disana diminta CV dll, setelah itu kamu bakal dapat password untuk login di web registrasi. Tanpa ini kamu ga bisa daftar, kecuali kamu mau tunggu open recruitment di web pertamina langsung.

  15. Mas yogi sbelumnya trimakasih pembahasan yang sangat inspiratif. sy mau tanya sy baru lulus sidang bulan kemarin ini dan blm mendapatkan ijasah, hanya nilai semetara. Kemudian sy jg blm ada setifikat toeic atau toefl, kalau prediction test saja dari institusi bahasa tertentu apakah bs ya? dan boleh mas sharing dari beberapa perusahaan yang mas ikuti seleksi, apakah pertamina termasuk perusahaan yang seleksinya ketat dan sulit? terimakasih dan mhn doanya untuk kelancaran proses rekrutmen saya.

    1. sulit atau tidak subjective ya tiap orang beda2. kalo ketat atau tidak itu semua recruitment pasti ketat perusahaan gamau ngasal2 rekrut orang juga ya kan. dicoba aja nanti jg bisa ngerasa sensasinya sendiri. hehe

  16. Selamat pagi, Mas. Saya mahasiswa tingkat akhir yang akan lulus bulan Agustus ini. InsyaAllah. Namun saya ingin mendaftar untuk freshgraduate S1 PERTAMINA sedangkan status saya belum sebagai lulusan, apakah diperbolehkan?

  17. Pak, saya masih kls 10.. saya pengen banget kerja di pertamina.. saya ingin ngambil S1 ITB jurusan pertambangan.. Untuk perempuan tidak masalah kan?

  18. Mas, klo jenjang karir di pertamina bagus gak? Misal saya lulusan d3 listrik ikut bpa, apakah saya hanya akan jadi operator terus menerus?

  19. selamat malam mas yopi mau tanya waktu itu mas lolos seleksi administrasi dan melanjutkan seleksi berikutnya menggunakan aplikasi atau ujian di tempat yang di tentukan pertamina mohon pencerahannya

  20. Assalammu’allaikum Kak Yogi, saya mau tanya kak berhubung saya kemarin apply job untuk posisi Freshgraduated Pertamina alhamdulillah kemarin dapat kabar via email lolos Administrasi dan untuk besok tanggal 17 juli sudah dapat mengikuti Screening Tes dan maksud saya disini mau bertanya kak. Apakah proses seleksinya berbeda ya kak untuk tahun ini dengan tahun sebelumnya ? untuk tahun ini seleksinya dari awal hingga final apa saja ya kak ? dan minta tolong do’a nya sekalian kak agar dapat mengembangkan karir bersama kak yogi hehehe. Terimakasih sebelumnya Wassalammu’allaikum

    1. kak wi narni, gmna test nya ? msih lanjut k test berikutnya kah skrg ? soalnya saya jga ikut screening test

  21. Assalmualikum kang, saya mau tanya untuk wawancara dengan user/hrd dan top management apakah dengan bahasa inggris, terus untuk mata minus ada batasan berapa iya kang?
    Kebetulan saya sekarang masih mengikuti tahapan dr pertamina.
    Terimakasih.

  22. Kang, mau nnya. jurusan nya electrical eng. ya ? tapi directoratnya marketing and trading di pertamina ya ?
    pngin tau aja 😀

  23. assalamu’alaikum mas,,,
    bberapa minggu kemarin saya udh ikut tes screening dan lanjut ke tahap psikotes,, hanya seminggu sudah dpt undangan test pada jangka waktu antara keduanya.
    saya mau nanya mas, jangka waktu pengumuman psikotes biasanya berapa lama ya mas?

    terimakasih

    1. Assalamu’alaikum, Kak udah pernah ikut screening test yaa ??? Kalo boleh tau gambaran test nya seperti apa kak soalnya saya fresh graduate dan besok saya screening test
      Makasih

  24. assalamualaikum yop,salam kenal dr saya oza dr lampung,subhannallah ceritanya luar biasa dan inspiratif…sukses buat kerjaanyya ok 😀

  25. Selamat pagi mas yopi
    saya mau bertanya nih… di Pertamina saat ini masih menerima lulusan Diploma mas?
    Dan ada gak yang keterima dari Prodi Tek. Telekomunikasi tapi jurusan Tek.Elektro mas?
    Makasi mas… mohon balasannya. ☺

  26. mas tadi saya dapat email dari pertamina tapi di tes di pekanbaru
    kira kira isi emailnya pemberitahuan kalo saya di panggil terus daftar yang dipanggil tahapan seleksi dan pemberitahuan salary dan kalo diterima di tempatkan dimana dimananya
    saya takutnya penipuan soalnya test nya harus sampai ke pekan baru

  27. mas yopi, ceritanya menginspirasi sekali
    saat ini saya sedang mengikuti tahapan rekrutmen pekerja PT. Pertamina (Persero)
    memang sekarang semuanya melalui tahap online ya mas?
    karena saya sudah melakukan screening test melalui web dan alhamdulillah lolos untuk mengikuti psikotest dan tes bahasa inggris melalui link di web juga
    semoga saya bisa menjadi orang yang beruntung dan bisa mengikuti jejak mas.

    1. assamualaikum mas ikhwan saya mau bertanya, saya baru mendaftar tahun 2018 ini, kalau boleh di sharing mas bagaimana test online tahun kemarin 2017, soal2nya, kisi2nya, dll… semoga dengan memudahkan jalan orang lain, jalan rezeki mas jg dipermudah Allah SWT. terima kasih sebelumnya mas wassamualaikum

  28. Makasih infonya mas, terus berkarya

    sambil melihat pertanyaa2 lain, saya belum mendapatkan jawaban dari apa yg ingin saya ketahui
    saya berharap masnya ingin menjawab hehe

    pertama-tama saya mengikuti tes pertamina untuk FG bact 2
    yg memiliki beberapa tahap yaitu : administrasi, screening, psokotes dan bhs english, interview online, tatap muka, interview akhir, tes kesehatan.

    pertayaan saya
    1. perbedaan 3 interview itu apa mas ? ( Online, tatap muka dan interview akhir)
    2. Ada berapa divisi pertamina mas ? (seperti marketing dll) *tdk tau namanya mas hhe
    3. Lulusan Teknik Elektro rata2 penempatanya dibidang apa mas ?
    4. saya membaca web pertamina, perusahaan ini memberikan kepada pegawainya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. apakah itu terlihat selama mas kerja di pertamina ?

    dan terakhir mas
    saya yakin bekerja di BUMN memiliki banyak keuntungan selain itu, lewat BUMN kita mengabdi untk negeri
    bukan gaji atau keuntungan yg ingin saya tanyakan, tapi kekurangan dari pertamina yg harus diperbaiki ? (kalau yg ini gak dijawab gak ada masalah mas) hehe

    makasih mas dan sukses

  29. Mas mau nanya, perekrutan Pertaminanya segala tahap seleksi dilakukan di Jakarta yaa?
    Saya dari Medan hehe

  30. makasih kak infonya sangat membantu saat ini saya sedang mengikuti tes pertamina saya mau tanya kak tes kesehatannya seperti tes masuk polisi ga kak?
    doakan semoga saya masuuk ya kak.

  31. Mas saya mau nanyak,apa bener kalau udah di tahap mcu pertamina, udah pasti lolos dan keterima di pertamina? Thx

  32. Assalamu’alaykum mas, saya mau tanya. Bapak ikut pndftaran prtmina & sudah mengirim berkas
    Secara oline, jurusan yg diapilih finance krn bpk sj jurusan manengement keuangan, nanti pengumumannya ada di Akun’nya /e-mail jg ya? Kemudian tes tertulisnya ada nggk? Tes tertulisnya itu online nggk? . Terima kasih sebelumnya mas

  33. Assalamu’alaykum mas, saya mau tanya. Bapak ikut pndftaran prtmina & sudah mengirim berkas
    Secara oline, jurusan yg diapilih finance krn bpk sj jurusan manengement keuangan, nanti pengumumannya ada di Akun’nya /e-mail jg ya? Kemudian tes tertulisnya ada nggk? Tes tertulisnya itu online nggk? . Terima kasih sebelumnya mas

  34. Bismillah… Mas, mohon dibalas, semasa pendidikan BPS mas-nya dapat gaji/tunjangan bulanan gak dari pertamina-nya?

    Please Respon

  35. mas, mau bertanya apakah test tahap pertama itu serentak bareng atau gimana ya, karena teman2 saya sudah lolos test screaning admin dan lanjut test online. nah saya statusnya masih screaning admin trs mas.gimana tuh ?

  36. Proses seleksi Pertamina yang Mas Yopi alami ini berarti belum memakai sistem tes online ya Mas? Atau kalau ada di tulisan lainnya, mohon bisa dibagi link tulisannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s